Subhanallah.. HANYA KARENA TETANGGA BISA MASUK SURGA..?? [[MERINDING BACANYA]] - Kabar media

Subhanallah.. HANYA KARENA TETANGGA BISA MASUK SURGA..?? [[MERINDING BACANYA]]


SUATU waktu Abdullah bin Amr, seorang sahabat Nabi SAW mempunyai seekor domba yang akan disembelih. Pada budaknya ia bertanya, “Apakah kamu akan memberi sebagian dagingnya pada tetangga kita Yahudi? Mengapa saya sudah mendengar Nabi SAW bersabda, ‘Jibril senantiasa memerintahkan berbuat baik pada tetangga sedemikian rupa beberapa hingga saya menduga dia memasukkan tetangga sebagai ahli waris’. ” (Muttafaqun Alaih) 

Dari hadits itu kita pastinya memahami kalau posisi tetangga begitu sangat utama. Allah serta Rasulnya sudah mengajari kita untuk berbuat baik pada tetangga. Seorang mukmin yang patuh pada perintah Allah serta Rasul-Nya, maka ia akan menghindarkan dirinya dari menyakiti tetangganya. 

Tidak akan masuk surga orang yang mengaku beriman dengan lisannya, namun tetangganya tak merasa aman dari kalimat serta tindakannya. Dan demikian sebaliknya, kita akan mencapai surga dengan sikap terbaik kita pada mereka. 

Seorang tetangga memiliki hak untuk diperlakukan dengan baik. Termasuk tetangga yang tidak seiman dengan kita. Sebenarnya tetangga itu ada dua macam ; tetangga yang memiliki satu hak serta tetangga yang memiliki dua hak. 

Tetangga yang memiliki satu hak yaitu mereka yang tinggal berdekatan dengan kita tetapi tak seagama dengan kita. karena itu pada tetangga non-Muslim juga kita memiliki keharusan untuk menghargai, menghormati serta berbuat baik padanya. 

Sedangkan tetangga yang memiliki dua hak yaitu mereka yang berdekatan dengan kita serta dia seagama dengan kita. Tetangga seagama ini memiliki hak untuk di hormati dengan baik sebagai tetangga serta sebagai saudara muslim. 

Islam adalah agama yang sempurna. Segala aspek ditata dengan prima termasuk jalinan kita dengan tetangga. Bahkan seorang dapat masuk surga atau neraka karena bagaimana ia memperlakukan tetangganya. Maha Benar Allah dengan semua kekuasanya. Wallahu alam. 

Semoga bermanfaat serta silahkan DIBAGIKAN.
Diberdayakan oleh Blogger.