SUBHANALLAH!! Inilah Enam Janji Allah Kepada Orang yang Rajin Bersedekah, Bantu Bagikan Ya,, AGAR LEBIH BANYAK ORANG YANG TAHU..!!! - Kabar media

SUBHANALLAH!! Inilah Enam Janji Allah Kepada Orang yang Rajin Bersedekah, Bantu Bagikan Ya,, AGAR LEBIH BANYAK ORANG YANG TAHU..!!!


Sedekah yaitu tindakan untuk memberi materi atau layanan dengan maksud mengurangi beban atau membahagiakan hidup orang lain. Bukan hanya barang serta uang, bahkan senyum juga sudah dinilai sebagai satu sedekah. 

Tindakan ini yaitu amalan yang begitu dianjurkan dalam Islam. Karena kecuali dapat membantu sesama, Allah SWT akan membalasnya dengan pahala untuk mereka yang tulus ikhlas mengerjakannya. 

Kenyataannya, sedekah ini memiliki bermacam jenis keutamaan serta manfaat. Hal semacam ini sama seperti janji Allah yang ada pada Al-Qur’an serta hadist. Lalu apa sajakah janji Allah pada sebagian orang yang bersedekah? Berikut ini penjelasan sedetailnya. 

1. Sedekah dapat Menghapus Dosa

Janji Allah yang pertama untuk orang yang rajin bersedekah yakni bila sedekah itu dapat menghapus dosa orang yang mengerjakannya. Hal sejenis ini terdaftar dalam satu hadist, Rasulullah SAW bersabda : 

 " Sedekah dapat menghapus dosa seperti air memadamkan api. " HR. Tirmidzi 

Walaupun itu, janji itu akan dipenuhi bila sedekah itu diimbangi dengan taubat atas dosa yang telah ditangani. Ditambah lagi bila orang yang dengan punya niat lakukan maksiat seperti korupsi, konsumsi riba, mengambil. Mengambil hak anak yatim serta yang lain, tak berlaku sedekahnya bila ia bersedekah hanya memiliki maksud agar dosa-dosanya itu impas. 
2. Memperoleh Naungan di Hari Akhir

Bukan hanya dapat menghapus dosa, kenyataannya amalan sedekah juga dijanjikan akan memperoleh naungan di hari akhir nantinya. Rasulullah SAW menceritakan mengenai 7 tipe manusia yang memperoleh naungan di hari akhir yang waktu itu tak ada lagi naungan kecuali naungan dari Allah. Satu di antara jenisnya yakni mereka yang rajin bersedekah. 

 " Seseorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sebagian sampai tangan kirinya tidak paham apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya. " HR. Bukhari 

3. Allah Melipat gandakan Pahala Orang yang Bersedekah

Janji Allah kemudian pada mukmin yang rajin bersedakah yakni Allah akan melipatgandakan pahala untuk mereka. Hal itu sama seperti firman Allah Ta’ala yang berarti : 

" Sesungguhnya sebagian orang yang membenarkan (Allah serta Rasul-Nya) baik lelaki maupun wanita serta meminjamkan pada Allah utang yang baik, tentu akan dilipatgandakan (ganjarannya) pada mereka ; serta untuk mereka pahala yang banyak. " QS. Al-Hadid ayat 18 

4. Ada Pintu Surga yang Hanya dapat Dimasuki Orang yang Bersedekah


Dalam satu hadits, Rasulullah bersabda : " Orang berikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, jadi ia akan di panggil oleh satu di antara pintu surga : " Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kesenangan " Apabila ia datang dari kelompok beberapa orang yang sukai membangun shalat, ia akan di panggil dari pintu shalat, yang datang dari kelompok mujahid, jadi akan di panggil dari pintu jihad, apabila ia datang dari kelompok yang suka bersedekah akan di panggil dari pintu sedekah. " HR. Bukhari serta Muslim 

5. Dapat Membebaskannya dari Siksa Kubur

Kecuali memperoleh surga yang khusus, orang yang rajin bersedekah juga dijanjikan akan dibebaskan dari siksa simpan. Rasulullah SAW bersabda, 

 " Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam simpan. " HR. Ath-Thabrani 

6. Menghindari Diri dari Api Neraka

Janji Allah terakhir pada mereka yang rajin bersedekah yakni akan menghindari diri dari api neraka. Kenyataannya walaupun hanya sedekah dengan jumlah yang sedikit, namun sedekah itu memiliki andil untuk menghindari diri dari api neraka. Semakin banyak sedekah yang ditangani, jadi akan semakin jauhlah darinya. Rasulullah SAW bersabda : 

" Jauhilah api neraka, meskipun hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Apabila anda tak miliki, jadi bisa dengan kalimah thayyibah " HR. Bukhari serta Muslim 

Sekianlah penjelasan mengenai enam janji Allah SWT pada mukmin yang rajin bersedekah. Sungguh banyak keutamaan yang akan didapat mukmin yang sukai bersedakah ini. Karenanya, mengeluarkan sedikit harta untuk bersedekah, agar Allah berikan kita janji-janji mulia itu.
Diberdayakan oleh Blogger.